Peluang Bisnis Sayur di Batam

Sayuran merupakan makanan pokok untuk menunjang kehidupan setiap keluarga. Sayur mayur biasa dipakai untuk bahan masakan hampir setiap hari. Sayuran memang telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat di Indonesia dan permintaan akan sayur mayur setiap harinya sangat tinggi.

Sayur Mayur memiliki banyak jenis dan nikmat rasanya apabila diolah menjadi masakan pada saat makan. Sayur Mayur memiliki kandungan gizi yang banyak dan tentunya baik untuk tubuh. Hal ini juga yang menjadikan permintaan akan sayur mayur semakin meningkat.

Pastinya Anda sudah bisa melihat apabila peluang bisnis sayuran di Batam ini sangat bagus untuk dieksekusi, melihat tingginya permintaan sayuran. Bisnis sayur mayur di Batam ini pun bisa dijadikan bisnis sampingan dengan menggunakan modal yang kecil dalam memulainya.

Jika tempat Anda letaknya jauh dari pasar daerah dan di sekitar tempat Anda banyak ibu rumah tangga yang malas pergi ke pasar, ini bisa menjadi peluang bagus untuk memulai bisnis sayur mayur di Batam. Anda bisa menyuplai kebutuhan ibu rumah tangga akan sayuran segar.

Ketika Anda menjalankan bisnis sayur mayur di Batam ini, Anda bisa memilih cara penjualan, Anda bisa menjajakan sayuran di depan rumah jika memiliki teras atau lahan yang luas serta strategis, Anda bisa menjual sayur mayur dengan berkeliling komplek perumahan, atau bisa juga dengan membuka kedai sayuran di pinggiran jalan. Beberapa cara penjualan sayuran di atas bisa Anda pilih sesuai dengan potensi atau keadaan yang ingin Anda coba.

Apabila Anda mempunyai niat yang tinggi dalam menjalankan bisnis sayuran di Batam, maka kembangkan bisnis jualan sayur mayur ini dengan menyediakan modal yang lebih besar. Modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis sayur mayur di Batam ini tidaklah besar.

Jika Anda akan menjalankan bisnis sayuran di Batam kecil-kecilan, maka modal minimal yang diperlukan ialah sekitar 1 sampai 2 juta. Dengan modal awal tersebut Anda dapat membeli sayur mayur di pasar induk dan membeli banyak aneka jenis sayur mayur yang ingin dijual.

Baca juga  Peluang Usaha Es Kopi Pun Menjanjikan
Kemudian bila Anda akan menjual sayur mayur ini di depan rumah, sediakan tempat untuk memajang beragam sayuran yang akan dijual dengan rapi dan bersih, agar para tetangga atau konsumen baru mau membelinya.

Kesegaran dari sayuran ini mesti dijaga dengan baik, pastikan bahwa sayuran selalu segar sehingga bisa membuat ibu-ibu membelinya. Jika Anda akan menyediakan sayur mayur segar dengan tahan lama, maka Anda perlu membeli sayuran seperti tomat, kubis, bawang putih, bawang merah, wortel, kentang, paprika dan aneka jenis sayuran yang bertahan lama lainnya.

Untuk mendapatkan sayur mayur yang fresh maka membeli sayur mayur lebih awal ke pasar pusat ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda pun selanjutnya bisa membuka kedai sayur mayur di halaman rumah dengan lebih awal, sebab banyak ibu-ibu yang biasa berkeliaran mencari sayuran segar untuk dimasak.

Supaya dalam memulai bisnis sayuran di Batam ini dapat berjalan dengan lancar maka perlu melakukan sesuatu supaya bisnis sayuran di Batam Anda bisa cepat laku dan dapat bertahan lama, perhatikan beberapa tips di bawah ini :

Siapkan lapak usaha yang cukup luas sehingga Anda bisa menyimpan aneka jenis sayuran dan menatanya dengan rapi supaya memudahkan para konsumen memilih sayuran yang akan dibeli. Pastikan jika Anda menjual sayuran yang banyak dan berkualitas.

Sebaiknya Anda membeli sayuran dalam jumlah banyak sekaligus agar harga belinya lebih murah Anda bisa membeli sayur mayur dengan jumlah yang banyak untuk jenis sayur mayur yang tahan lama supaya bisa mendapatkan harga beli yang lebih murah.

Tentunya untuk membeli sayuran dalam jumlah yang banyak, Anda harus mempersiapkan penyimpanan yang pas supaya sayur mayur bisa awet dan terjaga kualitasnya.

Selain menyediakan beragam jenis sayuran segar, alangkah lebih baik lagi apabila Anda juga menjajakan daging sapi atau daging ayam. Daging ini bisa Anda letakkan dengan baik di sebuah freezer. Menjajakan daging dapat menambah kelengkapan bisnis sayur mayur di Batam yang Anda jalankan. Freezer ini pun dapat diisi dengan aneka jenis frozen food seperti bakso, sosis, nugget, dan beragam jenis lainnya.

Baca juga  Melihat Potensi Bisnis Donat Bakar
Untuk meningkatkan bisnis sayuran di Batam Anda menjadi lebih maju, maka akan lebih baik bila Anda menerima pembelian secara grosir. Hal ini guna membantu para ibu rumah tangga yang memerlukan bahan baku sayur mayur untuk acara di rumahnya. Anda bisa menyediakan jasa membelikan sayuran yang diperlukan untuk menu masakan pada acara tersebut. Tentunya hal ini akan sangat membantu para ibu-ibu karena tidak harus repot-repot pergi ke pasar induk.

Anda harus menyediakan tempat penyimpanan beragam jenis sayur mayur segar dengan kualitas paling baik serta harga yang tidak terlalu mahal. Jika Anda bisa memberikan pelayanan yang baik dengan menjual aneka sayur mayur berkualitas, maka Anda pun mungkin akan menjadi langganan mereka.

Sebaiknya Anda menyediakan freezer, kulkas atau mesin usaha yang berkualitas untuk digunakan dalam menyimpan sayuran yang tidak awet, agar sayur mayur tersebut bisa bertahan lama dan dapat dijual. Sayuran yang masih segar seperti baru dipetik ini biasanya menjadi daya pikat para pembeli, sebab sayur mayur fresh ini mempunyai kandungan gizi yang masih baik dan mampu menambah aroma dan rasa dari masakan yang dibuat.

Adapun untuk keperluan kulkas, freezer atau mesin usaha, Anda bisa membelinya di Ramesia Mesin. Ramesia Mesin menjual beragam jenis mesin pendingin untuk keperluan usaha Anda.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-sayur-di-batam/

Peluang Usaha Es Batu untuk UKM di Indonesia


Es batu pada dasarmya hanyalah air yang didinginkan hingga di bawah 0 derajat celicus, sehingga air membeku dan menjadi es. Es batu bisa terjadi secara alami ataupun buatan. Meskipun namanya adalah es batu, tetapi es batu tak ada hubungannya dengan batu.

Es batu seringkali dibandingkan dengan es kering. Dalam bahasa inggris pun keduanya hanya dibedakan oleh kata “dry”, satu disebut ice, satu lagi disebut dry ice. Memang keduanya memiliki kesamaan fungsi, tetapi zat dan cara pembentukannya berbeda. Es batu terbuat dari air biasa atau H2O yang didinginkan. Sedangkan es kering atau dry ice adalah karbondioksida atau CO2 yang dipadatkan.

Dengan adanya teknologi freezer, pembuatan es batu di zaman ini sangat mudah. Kita tinggal hanya menyimpan air dalam freezer dan membiarkannya hingga beku. Freezer pun pada saat ini bermacam-macam, mulai dari yang berukuran kecil untuk kebutuhan individu, sampai freezer yang berukuran besar untuk keperluan industri.

Keperluan Individual dan Pasar akan Es Batu
Es batu saat ini sudah hampir menjadi kebutuhan utama. Baik keperluan bagi pribadi maupun pasar. Bagi individu, es batu diperlukan untuk membuat minuman atau mendinginkan makanan. Sedangkan bagi industri atau pasar, es batu digunakan untuk membuat produk atau menjadi pengawet produk. Misalnya seperti sekedar sebagai pendingin dari minuman es hingga menjadi pengawet dari ikan yang dibawa dalam box kontainer.

Kesempatan Usaha Es Batu untuk UKM
Bisa jadi tak banyak yang mengetahui, bahwa sebenarnya lumayan banyak kebutuhan es batu di pasaran. Memang, bila cuma melihat usaha “jual es batu” rumahan yang sering ada di pinggir jalan atau rumah-rumah, tak terlihat bila usaha tersebut lumayan menguntungkan. Tetapi yang patut kita perlu untuk ketahui adalah usaha es batu untuk UKM tak cuma terdapat di “jual es batu” pinggiran atau rumahan itu, tetapi ada yang lainnya.

Baca juga  Contoh Proposal dan Tips Memulai Usaha Bakso Aneka Rasa
Di restoran atau rumah makan misalkan kita ambil contoh. Restoran memerlukan es batu untuk mendinginkan makanan atau minuman. Selain itu restoran juga memakai es batu untuk menjaga suhu dingin bahan makanan seperti Ikan. Di mana tujuan ikan itu didinginkan sebelum dimasak adalah supaya ikan tetap segar.

Di samping rumah makan kita dapat ambil contoh di industri perikanan. Sebagaimana yang kita tahu bahwa Ikan harus lah tetap segar hingga terjual kepada konsumen supaya terjaga kualitasnya. Seringkali ini menjadi masalah karena waktu proses pengiriman, kesegaran ikan hilang atau berkurang karena suhu. Maka Ikan harus dipelihara supaya tetap dingin, segar, dan lembap selama proses pengiriman. Salah satu cara dalam hal melakukan penjagaan itu adalah dengan mengirimnya dalam box atau wadah tertutup yang mempunyai suhu dingin. Dan cara untuk mendinginkan suhu di wadah atau box tersebut adalah dengan cara memberinya es batu.

Sehingga keperluan pasar akan es batu tidak bisa dibilang kecil. Maka harus ada yang memenuhi permintaan sekaligus peluang usaha es batu untuk UKM ini.

Ruth Harso, owner Ice Cube Crystal dapat memproduksi sekitar 10 ton es batu kristal setiap harinya. Es itu ia beri harga seharga 1400/kg es batu kristal. Dari penjualan dengan harga itu ia dapat mendapat profit hingga lima puluh persen.

Ahmad Zalu Wibowo di Cijantung, Jakarta juga menjalani usaha es batu untuk UKM kristal. Beliau menghasilkan 4 ton es batu kristal setiap hari. Es batu tersebut dia jual dengan harga 1200 per kg-nya. Dari penjualan itu ia meraup profit sampai 20%.

Ahmad berkata bahwa pelanggan es batu kristal tidak hanya terbatas di rumah makan dan restoran saja. Orderan es batu dapat datang dari pengadaan event-event, misalnya seperti Java Jazz. Event-event seperti Java Jazz dapat memerlukan es batu sampai 10 ton setiap hari.
Dari 2 contoh kesuskesan usaha es batu untuk UKM di atas yang kami bahas dari peluangusaha.kontan.co.id, bisa kita simpulkan bahwa usaha es batu untuk UKM mempunyai potensi keuntungan yang cukup besar.

Comments

Popular posts from this blog

Bisnis Giling Daging yang Tentunya Sangat Menjanjikan

Cara Membuat Adonan Isi Batagor Lezat

Cara Mudah Bisnis Es Krim di Sekolah