Cara Mudah Bisnis Es Krim di Sekolah

Proses Produksi Es krim
Membuat es krim tidak membutuhkan waktu lama, karena jumlah pembuatan dan variasi produknya dapat Anda atur sendiri. Secara umum semua masyarakat dapat memproduksi es krim tersebut, cukup hanya dengan memperbanyak jam terbang

Maka oleh karena itu Anda bisa memproduksi es krim dengan mudah bersamaan dengan melakukan produk tersebut.

Saat ini membuat es krim begitu mudah, beraneka yang rasa bisa Anda buat tanpa harus ribet menyiapkan bahan-bahan yang kadang sulit ditemukan, belum lagi kegagalan karena salah mengkombinasi bahan.

Sekarang telah banyak di pasaran bahan es krim serbuk berbagai merk dengan banyak rasa buah yang ditawarkan. Dengan demikian Anda hanya cukup mencampur bahan bubuk menggunakan air saja ketika akan membuat es krim, kemudian tinggal dibekukan dan siap disantap.

Tapi tentu saja Anda harus selektif menentukan bahan baku produk yang akan Anda gunakan, agar rasa es krim yang Anda pasarkan memuaskan para pembeli seterusnya.

Oleh karena itu kenapa peluang bisnis es krim sangat menarik? Inilah 8 Alasannya berikut dibawah ini:

1. Pengaruh Iklim Tropis Indonesia
Secara alami, letak negara kita di khatulistiwa ini sangat mendukung perkembangan bisnis es krim. Apalagi suhu udara yang makin kesini semakin panas.

Baca juga  Bisnis Menjanjikan Usaha Packing Makanan Ringan
2. Konsumennya Terdiri dari Berbagai Kalangan
Siapa yang tidak tahu es krim? Mulai anak-anak hingga orang dewasa tahu dan akrab dengan yang namanya es krim. Produk tersebut sangat tidak asing bagi siapapun. Oleh karena itu berarti peluang menjualnya sangat mudah jika dibandingkan produk yang asing atau pertama kali ditawarkan.

Anda hanya perlu menciptakan varian es krim yang nikmat, dengan kemasan penyajian yang unik dan merk menggoda. Lambat laun es krim Anda akan terkenal dan disukai oleh masyarakat.

3. Target Bisnis Es Krim Mudah Dicari
Hanya dengan memilih lokasi yang banyak orang kunjungi dan strategis contohnya Mall, Kampus, Sekolah, Futsal, Pasar, Kolam Renang dll, oleh karena itu Ramesia yakin usaha Anda akan segera menuai kesuksesan.

4. Mudah Dimulai, Dijalankan dan Diawasi
Untuk mengawalinya Anda hanya cukup memiliki Mesin Produksi Es Krim (Es krim Maker), baik yang tipe Es Puter/Skop atau tipe Kran (Soft Es krim). Jangan khawatir dengan perawatan dan cara membuatnya, karena setiap pembelian mesin selalu diadakan pelatihan hingga dapat memproduksi dan merawat mesin es krim secara mandiri.

Tidak butuh tenaga dengan keahlian khusus dan berpendidikan tinggi, cukup dengan lulusan SMP saja bisa menjadi operator mesin es krim.

Pemantauannya tergolong mudah karena setiap mesin mengeluarkan produk yang sudah pasti, sehingga kecurangan dari pegawai terbilang tidak ada.

5. Tidak Perlu Banyak Pegawai
Anda cukup mempekerjakan minimal 1 orang karyawan saja sebagai operator mesin sekaligus kasir dan pelayan, sehingga 1 mesin hanya butuh 1 karyawan.

6. Tidak Perlu Skill Tinggi
Prinsipnya semua orang dapat menjalankannya, hanya perlu jam terbang saja. Karena Bisa dipelajari dengan mudah seiring waktu sambil menjalankan bisnisnya.

7. Proses Pembuatan Cepat dan Bisa Diatur
Membuat es krim tidak membutuhkan waktu terlalu lama, karena jumlah produksi dan varian produk bisa Anda atur sendiri.

8. Peluang Bisnis Es Krim Abadi
Peluang bisnis es krim tak akan menua, dari dulu sampai sekarang bisnis es krim tetap ada. Yakinlah di masa mendatang peluang bisnis es krim juga akan tetap ada dan terus tumbuh seiring kemajuan zaman dan kegemaran masyarakat.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-es-krim-di-sekolah/

Potensi Membuka Usaha Es Buah Ala Resto


a. Produk

Aneka buah yang sering digunakan untuk memproduksi es buah adalah mangga, strawberi, alpukat, blewah, nangka, melon dan buah kelapa muda. Bahan tambahannya dapat menggunakan agar-agar, rumput laut, dan kolang-kaling. Gunakan buah-buahan dan bahan pelengkap yang bermutu dan masih segar.

Bahan-bahan es buah bisa diperoleh di pasar tradisional atau di supermarket. Buah-buahan juga bisa didapat langsung dari pemasok buah. Selain karena harganya lebih terjangkau serta kualitas lebih baik.

b. Lokasi

Dalam memilih lokasi usahakan cari lokasi yang ramai, missal di tepi jalan, berdekatan dengan komplek, perkantoran, sekolah atau universitas. Pastikan lokasi berjualan berada di tempat yang mudah terlihat dan sering dilalui banyak orang.

Usaha es buah bisa dijalankan sendiri. Namun, jika jumlah pembeli meningkat, pemilik bisa mempekerjakan 1-2 karyawan.

Tips Keberhasilan Usaha Es Buah ala Resto
1. Buat Data Keuangan

Catatan keuangan dapat berfungsi untuk mengetahui jumlah modal, biaya operasional setiap hari yang dibelanjakan, dan laba yang didapat. Selain itu, catatan keuangan juga bisa digunakan Untuk mengajukan peminjaman modal, catatan keuangan juga bisa menentukan disetujui atau ditolaknya pengajuan tersebut. Data tersebut dapat dijadikan jaminan.

2. Menentukan Harga Jual

Pastikan harga jual kompetitif dengan penjual es buah yang lainnya. Hampir semua bisnis ini memiliki cukup banyak pesaing. Oleh karena itu harga merupakan salah satu bagian terpenting untuk dapat mengalahkan pesaing.

3. Kelola Karyawan Dengan Baik

Sesuaikan jumlah pekerja dengan keperluan usaha yang Anda lakukan, karena apabila terlalu banyak karyawan menjadikan tidak efektif. Tambahlah jumlah karyawan ketika usaha Anda sudah berkembang.

Upah karyawan sebaiknya disesuaikan dengan kemajuan bisnis. Kenaikan gaji dan penambahan bonus disesuaikan dengan peningkatan omzet.

4. Menabung Untuk Pengembangan Usaha

Keuntungan yang didapat harus disisihkan, yaitu untuk menyiapkan pengganti perlengkapan usaha yang rusak ataupun yang telah berkurang kegunaanya dan untuk meningkatkan usaha.

Baca juga  Langkah Strategis Menjalankan Usaha Snack dengan Modal Kecil
5. Membuat Rasa yang Unik

Pada umumnya lokasi bisnis dikenal karena memiliki menu atau rasanya yang unik dari yang lainya.

6. Berikan Pelayanan yang Professional

Meskipun hanya usaha kecil, layanan harus tetap professional. Mendahulukan pembeli yang datang lebih awal, dan selalu ramah terhadap pembeli merupakan salah satu contoh layanan yang profesional dan memuaskan konsumen.

7. Membuka Cabang Bisnis

Membuka cabang memberikan beberapa kelebihan. Diantaranya produk yang dijual dan brand bisnis menjadi lebih familiar di masyarakat. Membuat cabang tidak mesti memakai modal sendiri. Bisa menggunakan sistem bagi hasil menggunakan modal tambahan dari investor atau memakai sistem waralaba adalah cara untuk meningkatkan pertumbuhan usaha.

8. Jaga Kebersihan dan Kerapihan

Memperhatikan kebersihan menjadi faktor yang sangat penting bagi bisnis Anda. Kebersihan yaitu meliputi kebersihan tempat, perlengkapan, dan minuman.

9. Kerja Keras, Cerdas, dan Kreatif

Tidak ada jalan lain untuk dapat mewujudkan impian untuk bisa mempunyai usaha yang besar, selain dari mengawalinya untuk bekerja keras dan kerja cerdas untuk dapat membuatnya lebih berkembang.

Inovasi harus selalu dikembangkan untuk menciptakan sesuatu yang baru pada usaha yang dijalankan. Seluruh aspek usaha di mulai dari produk usaha, pelayanan, harga, sampai cara pengelolaan pekerja terus digali hingga didapatkan yang terbaik.

Aspek Keberhasilan Usaha Es Buah Ala Resto
1. Buah Tidak Bisa Bertahan Lama

Beberapa buah hanya bisa bertahan beberapa hari sebelum akhirnya busuk. Faktor ini menjadi resiko dalam menjalankan bisnis es buah. Seringkali buah terlanjur menjadi busuk sebelum habis terjual. Karena itu, penjual es buah harus bisa memperkirakan jumlah buah-buahan yang akan dibeli serta tingkat kematangannya.

2. Musim Penghujan

Faktor musim juga berdampak kepada ketersediaan beberapa jenis buah, disamping itu pada musim hujan, bisnis ini mungkin akan mengalami berkurangnya penjualan.

Teknis Menjalankan Usaha Es Buah Ala Resto
a. Peralatan Bisnis

1. Waktu pemakaian etalase 4 tahun.
2. Masa pakai meja dan kursi, serutan es, dan ice box sekitar 3 tahun.
3. Waktu pemakaian Perlengkapan lain-lain emisal toples, pisau, mangkuk, gelas, dan sendok kurang lebih 2 tahun.

Baca juga  Manfaat Kopi Goji Berry
b. Promosi

Promosi usaha es buah diantaranya dengan menata serta menyusun buah ¬ buahan yang berda di etalase sehingga akan menarik perhatian orang yang lewat di sekitar tempat bisnis untuk membeli. Wadah yang berisi rumput laut, kolang-kaling dan agar-agar juga ditata dengan menarik dan ditaruh di bagian etalase yang gampang terlihat.

Buat spanduk berwarna terang bertuliskan nama bisnis serta jenis-jenis minumsn es buah yang disajikan. Lengkapi spanduk dengan foto es buah untuk menarik pembeli.

c. Penetapan Harga

Harga satu porsi es buah ala resto bervariasi, tergantung dari jenis buah-buahan yang digunakan dan jumlahnya. Semakin banyak buah yang digunakan harganya semakin tinggi. Harga satu porsi minuman es buah Rp4.000 sampai Rp8.000.

d. Peralatan Usaha dan Pekerja

Peralatan bisnis untuk berjualan es buah tidak terlalu banyak. Antara lain etalase berukuran sedang ataupun besar untuk menampilkan buah-buahan, meja, dan kursi. Perlengkapan lain yang diperlukan ialah pisau toples, serutan es, icebox, mangkuk, sendok, dan gelas beling atau plastik.

 Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  
Customer Ramesia

Comments

Popular posts from this blog

Bisnis Giling Daging yang Tentunya Sangat Menjanjikan

Cara Membuat Adonan Isi Batagor Lezat