Mudahnya Membuat Pupuk Kompos dari Batang Jagung

Apa Itu Pupuk Kompos?
Kompos adalah campuran bahan organik seperti daun, limbah makanan, dan air untuk diuraikan oleh organisme selama periode waktu tertentu. Agar bisa bekerja dengan baik, kompos membutuhkan konsentrasi air, oksigen, karbon, dan nitrogen yang sama. Rasio yang tepat memungkinkan organisme pengurai dapat  bekerja lebih cepat.

Bahan baku pembuatan pupuk kompos adalah material organik dan organisme pengurai. Anda dapat menggunakan makroorganisme maupun mikroorganisme sebagai bakteri pengurainya.  Teknologi untuk membuat pupuk kompos pun cukup sederhana. Selain itu, pupuk kompos juga mudah dibuat, seperti daur ulang sampah organik.

Cara pembuatannya yang tidak terlalu sulit membuat semua orang mampu melakukannya. Baik dalam skala kecil seperti untuk pekarangan rumah maupun skala besar seperti pertanian. Selain itu, Anda juga juga harus mengetahui jika pupuk kompos memiliki beberapa jenis. Ragam jenisnya dapat dibedakan dari tiga aspek.

Cara Membuat Pupuk Kompos Organik

Yang pertama adalah ditilik dari proses pembuatannya, ada kompos anaerob dan aerob. Kemudian, ditilik dari dekomposernya, ada yang memanfaatkan aktivitas makroorganisme dan menggunakan mikroorganisme. Yang terakhir, ditilik dari bentuknya, ada yang padat dan juga ada yang cair.

Tahukah Anda jika kompos dapat membuat tanah menjadi gembur? Oleh karena itu, kompos sangat cocok digunakan sebagai media akar tanaman untuk tumbuh. Selain itu, pupuk kompos juga menyediakan nutrisi bagi tanaman. Cara pupuk kompos bekerja adalah dengan memperbaiki struktur kimia, biologi, dan fisik tanah.

Ciri-ciri Pupuk Kompos yang Baik
Pupuk kompos yang baik memiliki beberapa ciri-ciri umum. Yang pertama adalah baunya sama dengan tanah, atau tidak berbau busuk. Kedua, warnanya coklat kehitaman. Ketiga, bentuknya berupa butiran gembur seperti tanah. Keempat, jika dimasukkan ke dalam air, maka ia akan tenggelam. Selain itu, air akan tetap jernih dan tidak berubah warna.

Ciri-ciri pupuk kompos baik yang terakhir adalah tidak memicu tumbuhhnya gulma jika diaplikasikan pada tanah.

Baca juga  Cara Membuat Capcay Brokoli yang Lezat
Sebaiknya, Anda mengetahui tujuan pemupukan terlebih dahulu sebelum membuat pupuk kompos. Hal ini tentunya akan membantu Anda dalam menentukan zat apa yang paling dibutuhkan oleh tanaman. Contohnya, jika Anda merawat tanaman yang baru tumbuh, maka Anda akan membutuhkan pupuk yang memiliki unsur nitrogen lebih banyak.

Setelah menentukan tujuan dan mengetahui zat apa yang paling dibutuhkan oleh tanaman, barulah Anda dapat membuat pupuk kompos yang dibutuhkan. Hal ini sangat perlu dilakukan karena pupuk kompos memiliki komposisi zat hara yang berbeda-beda. Bahan baku yang digunakan akan mempengaruhi komposisinya.

Manfaat dan Kelebihan Pupuk Kompos
Banyak dari kita memilih pengomposan sebagai salah satu cara untuk mengendalikan limbah rumah tangga(seperti sisa makanan atau limbah hijau). Kompos adalah bahan organik yang membusuk,yang dibuat selama proses pengomposan. Nutrisi di dalam bahan organik tersebut didaur ulang, lalu dijadikan nutrisi bagi tanaman yang sedang ditanam.

Ada banyak sekali fungsi kompos dalam proses pertumbuhan tanaman. Salah satunya adalah menjaga kualitas kesuburan tanah. Bahan-bahan untuk membuat kompos pun sangat mudah didapat dan murah seperti sisa makanan atau daun-daun yang berguguran. Berikut ini dijelaskan secara lebih rinci beberapa manfaat penggunaan pupuk kompos.

Memperbaiki Struktur Tanah
Tanah dengan struktur yang sehat memungkinkan banyak ruang untuk udara, air dan energi bergerak bebas. Menambahkan kompos ke kebundapat membantu menetralisasi pH dan memperbaiki kapasitas pertukaran kation (KTK) tanah. Selain itu, menambahkan kompos juga akan meningkatkan kemampuan tanah untuk menyimpan nutrisi yang dibutuhkan dan digunakan oleh tanaman.

Memberikan Nutrisi Bagi Tanaman
Tanah dapat dikategorikan sebagai tanah yang baik jika mengandung tiga unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Unsur pertama disebut makro primer seperti nitrogen, kalium, dan pospor.

Berikutnya, unsur kedua disebut makro sekunder seperti belerang, kalsium, dan magnesium.Terakhir atau unsur ketiga adalah besi, boron, klor, mangan, seng, dan molibdenum. Pupuk kompos mengandung semua unsur hara tersebut sehingga sangat baik bagi pertumbuhan tanaman.

Tidak Menimbulkan Masalah lingkungan
Tentunya kita sudah mengetahui jika penggunaan pupuk kimiah akan berdampak negatif bagi lingkungan. Sedangkan pupuk kompos terbuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan sehingga tidak akan memberikan efek negatif.

Mengatasi penyakit tanaman
Penelitian yang dilakukan oleh University of Illinois Extension menunjukkan bahwa tanah yang diolah dengan kompos cenderung menghasilkan tanaman dengan sedikit masalah hama. Selain itu, kompos juga membantu mengendalikan penyakit dan serangga yang mungkin bisa menguasai tanah yang lebih steril.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-kompos/

 Membuat Minyak Kelapa dengan Pengasaman


Apa Itu Minyak Kelapa?
Beberapa tahun terakhir, minyak kelapa telah menjadi bahan diskusi yang populer. Minyak ini terbuat dari pengeringan kernel (daging) dari kelapa dan memiliki beberapa jenis. Jenis minyak kelapa yang paling umum adalah minyak kelapa murni dan minyak kelapa biasa atau disebut juga minyak kelapa kopra.

Bahan baku pembuatan minyak kelapa murni adalah kelapa segar. Kemudian, minyak ini dapat diproses dengan pemanasan terkendali maupun tanpa pemanasan sama sekali. Selain itu, pembuatan minyak kelapa murni juga tanpa bahan kimia dan RDB.

Mayoritas minyak kelapa (65%) terdiri dari trigliserida rantai menengah (Medium-Chain Triglycerides), yaitu trigliserida dan asam lemak dengan rantai panjang karbon 6 – 12. Studi menunjukkan bahwa mengganti kalori dengan MCT tanpa melebihi kebutuhan kalori harian dapat memberikan hasil kecil yang signifikan dalam membantu mengurangi lemak.

Minyak Kelapa Adalah Sangat Bermanfaat

Minyak kelapa murni merupakan hasil dari modifikasi proses pembuatan minyak kelapa. Proses ini menghasilkan minyak kelapa murni yang memiliki kadar air dan kadar asam lemak bebas rendah, memiliki aroma yang harum, berwarna bening, serta mempunyai daya simpan lebih dari 12 bulan.

Ada banyak sekali keunggulan yang bisa didapat dari pembuatan minyak kelapa murni. Salah satunya adalah tidak membutuhkan biaya yang mahal. Hal ini karena bahan baku untuk pembuatan minyak kelapa murni mudah didapat dan murah. Selain itu, pengolahnnya juga tidak terlalu rumit dan sederhana.

Baca juga  Cara Membuat Gulali Tradisional
Minyak kelapa murni memiliki kualitas yang jauh lebih baik jika dibandingan dengan minyak kelapa biasa atau yang sering disebut minyak goreng. Minyak kelapa biasa memiliki aroma yang tidak harum, berwarna berwarna kuning kecoklatan, mudah tengik, dan hanya bertahan kurang dari dua bulan.

Jika ditilik dari segi ekonomi pun, minyak kelapa murni jauh lebih unggul daripada minyak kelapa biasa karena harga jualnya jauh lebih tinggi.

Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan
Banyak ahli mengklasifikasikan minyak kelapa sebagai makanan super karena manfaat kesehatannya yang beragam. Satu sendok makan minyak kelapa mengandung 14 gram lemak total, dimana 12 gramnya adalah lemak jenuh.

Pada kebanyakan makanan seperti daging dan keju, kandungan lemak jenuhnya sebagian besar terdiri dari trigliserida rantai panjang (LCT). Sedangkan, lemak jenuh yang ditemukan pada minyak kelapa sebagian besar terdiri dari trigliserida rantai menengah (MCT).

MCT atau trigliserida rantai menengahmudah dicerna dan dikirim langsung ke hati. Selain itu, mereka juga memiliki efek termogenik.

Berikut ini adalah beberapa manfaat minyak kelapa murni bagi kesehatan.

Comments

Popular posts from this blog

Bisnis Giling Daging yang Tentunya Sangat Menjanjikan

Cara Membuat Adonan Isi Batagor Lezat

Cara Mudah Bisnis Es Krim di Sekolah