Memahami Struktur dan Jenis dari Laporan Keuangan

Bahkan sekecil apapun organisasi yang dikelola, Anda tetap perlu menyusun sebuah laporan keuangan secara rutin setiap kurun waktu tertentu. Dengan cara ini, maka Anda bisa melakukan analisis kondisi perusahaan, serta mencari solusi bila diperlukan. Bisa dikatakan ketika laporan keuangan bagus dan tertata rapi, maka fungsi manajemen dalam perusahaan tersebut berjalan dengan baik
Sayangnya, laporan keuangan justru menjadi salah satu komponen yang kerap diremehkan oleh perusahaan kecil. Tak jarang, pengusaha justru hanya membuat pencatatan data keuangan sederhana. Alasannya sederhana, karena laporan keuangan umumnya dianggap birokratif da merepotkan.
Padahal suka atau tidak suka, Anda mesti menghimpun data perusahaan untuk menyusunnya hingga menjadi laporan finansial yang mumpuni. Bagaimana caranya? Simaklah artikel ini hingga tuntas.

Pengertian Laporan Keuangan

Secara definisi, laporan keuangan merupakan pencatatan data finansial sebuah organisasi atau perusahaan di dalam kurun waktu tertentu, yang dapat memberikan gambaran kinerja perusahaan secara menyeluruh.
Perlu Anda ketahui, bahwa laporan keuangan adalah tahap akhir atau finalisasi dari alur akuntansi. Umumnya komponen laporan keuangan pada setiap perusahaan mempunyai perbedaan. Letak perbedaan ini lebih disebabkan oleh skala perusahaan tersebut.
Setelah dibuat, laporan keuangan akan menjadi dasar analisis kondisi perusahaan oleh jajaran manajerial. Dari analisis inilah kemudian diambil keputusan strategis yang berkaitan dengan pencapaian target perusahaan.

Contoh Laporan Keuangan

Ada beberapa contoh penyajian laporan keuangan yang bisa Anda pelajari. Berikut adalah contoh-contoh yang biasa ditemui dalam laporan finansial perusahaan.

1. Contoh Laporan Laba Rugi

Laporan Keuangan Laba Rugi
Laporan laba rugi dibuat dengan memasukkan komponen pemasukan dan pengeluaran dari perusahaan selama kurun waktu tertentu. Melalui laporan ini, Anda bisa melihat apakah hasil akhir yang diperoleh berupa laba atau rugi.
Pada gambar adalah contoh laporan laba rugi dari PDAM yang menunjukkan diperolehnya laba. Laporan laba rugi yang ditampilkan ini, memuat 2 kurun waktu yang berbeda, yakni laporan pada tahun 2013 dan 2014. Tujuannya adalah untuk membandingkan pertumbuhan laba atau rugi yang dialami oleh perusahaan.

2. Contoh Laporan Laba Rugi Selama 12 Bulan

Laporan Keuangan Laba Rugi Tahunan
Dari sisi informasi yang disajikan, pada contoh laporan laba rugi ini hanya mencantumkan data keuangan selama kurun waktu setahun (12 bulan). Pada contoh yang ditampilkan, Anda bia melihat di akhir tahun perusahaan mendapatkan laba.


Membuat Martabak Manis yang Lezat dan Laris



Beberapa kota menyebut kue ini sebagai terang bulan atau kue bulan bukan tanpa alasan. Bentuknya yang mirip seperti bulan lah yang menyebabkan orang-orang menyebutnya begitu. Salah satu kota yang menyebut kue ini terang bulan atau kue bulan adalah Yogyakarta dan sebagian besar kota-kota di Indonesia bagian Timur.

Martabak merupakan kue yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Anda bisa menemukan kue ini dengan mudah di seluruh penjuru kota di Indonesia. Alasan utama martabak begitu banyak digandrungi berbagai kalangan tentunya karena cita rasanya yang nikmat. Selain itu, harganya pun cukup terjangkau.

Kue ini terbuat dari campuran soda kue, tepung terigu, air, santan, ragi, dan telur ayam untuk adonan kuenya. Sedangkan untuk isi, biasanya akan diberi taburan biji wijen, parutan keju, cokelat butir, gula butir, dan kacang tanah yang dicacah. Selain itu, martabak manis juga akan diolesi dengan mentega dan disiram dengan susu kental manis. Nikmat sekali, bukan?

Contents [hide]

1 Asal Usul Martabak Manis Indonesia
2 5 Topping Klasik Martabak Manis dan Turunannya
2.1 Cokelat
2.2 Kacang
2.3 Keju
2.4 Wijen
2.5 Ketan Hitam
2.6 4 Fakta Martabak Manis yang Belum Diketahui Orang
3 Resep Membuat Martabak Manis yang Enak dan Lezat
Asal Usul Martabak Manis Indonesia
Nama asli martabak manis adalah Hok Lo Pan. Arti dari nama tersebut adalah kue orang Hok lo. Tahukah Anda mengapa martabak manis memiliki nama asli yang berarti kue orang Hok Lo? Hal ini karena martabak manis merupakan kue yang diciptakan warga keturunan Tionghoa (Hakka dan Khek).

Kue ini merupakan makanan khas Bangka Belitung. Maka dari itu, beberapa kota di Indonesia ada yang menyebut martabak manis sebagai  Martabak Bangka.

Cara Membuat Martabak Manis Coklat

Pada mulanya, Hok Lo Pan hanya menggunakan wijen sangrai dan gula sebagai taburan. Namun, saat ini Anda dapat menikmati martabak manis dengan berbagai macam topping sesuai selera Anda. Bahkan, saat ini Anda juga dapat menikmati martabak manis dengan berbagai macam topping unik di dalam satu porsi.

Jenis topping martabak manis pun bermacam-macam seiring berjalannya waktu. Tidak seperti dulu yang hanya dengan taburan klasik seperti keju, kacang, dan cokelat. Sekarang, Anda bisa menikmati martabak manis dengan taburan berbagai macam rasa yang unik seperti green tea, red velvet, oreo cheese, dan blueberry.

Banyaknya variasi nama martabak manis ini disebabkan oleh beberapa hal dan memiliki versi cerita masing-masing. Contohnya di Semarang, makanan ini dikenal dan disebut sebagai Kue Bandung. Asal mula kue ini disebut Kue Bandung adalah dari cerita Keluarga Cen. Keluarga Cen merupakan orang Bangka yang tinggal di Semarang.

Singkat cerita, Keluarga Cen ini menjual martabak manis di Jalan Gajah Mada. Mereka berjualan tepat di sebelah seorang Hakka yang berjualan Mie Bandung. Nama Hakka tersebut adalah Moi Yan. Mie Bandung daganganya sangat laris di zaman tersebut. Biar sama-sama laris, maka Keluarga Cen pun menyebut martabak manis buatannya sebagai Kue Bandung.

Makanan khas yang berasal dari Bangka Belitung ini juga memiliki suatu keunikan atau fakta yang menarik. Khususnya bagi orang-orang yang akan menikah atau sedang lamaran. Fakta menariknya adalah martabak manis sering dijadikan sebagai “alat diplomasi” saat menemui calon mertua.\

Comments

Popular posts from this blog

Bisnis Giling Daging yang Tentunya Sangat Menjanjikan

Cara Membuat Adonan Isi Batagor Lezat

Cara Mudah Bisnis Es Krim di Sekolah